Kamis, 13 Mei 2010

pemilihan telur asin yang baik


Poultryindonesia.com, Brebes.


"Pada musim hujan seperti sekarang, produksi telur bebek turun hingga 50 persen," kata Taswan (42), pekerja di sebuah peternakan bebek di Desa Limbangan Wetan, Brebes. Pada musim kemarau, menurut Taswan, 950 bebek di peternakannya paling tidak bertelur satu butir setiap hari. Namun, pada musim hujan, semua bebek itu bisa berproduksi 450 butir telur per hari sudah sangat bagus.

Peternakan di Desa Wanarejan, Kecamatan Taman, Pemalang, sedikit lebih beruntung. Menurut seorang pekerja, Sasnui, pada musim hujan, dari sekitar 1.000 bebek sanggup memproduksi 700 butir telur per hari. "Tapi jumlah produksi itu merosot dibanding musim kemarau yang bisa mencapai 1.200 butir telur per hari," jelas Sasnui.

Sehari-hari, Sasnui dan Taswan bergelut dengan bebek. Mereka tahu betul apa yang dibutuhkan binatang itu agar tetap sehat dan berproduksi tinggi. "Kalau hanya mengandalkan makanan nasi kering dan katul, lama pertumbuhannya," kata Taswan.

Karena itu, bebek juga diberi ikan pirik dan makanan tambahan bervitamin tinggi yang biasa disebut konsentrat. "Menu pokok bebek nasi kering setiap pagi dan sore, serta dua baskom penuh ikan pirik tiga kali sehari. Khusus bebek yang mendapat konsentrat, jatah ikannya dikurangi," ungkapTaswan.

Per hari, menurut Taswan, 950 bebek di peternakannya menghabiskan 70 kilogram nasi kering, 40 kilogram katul, 70 kilogram ikan pirik, dan 12 kilogram konsentrat. Harga per kilogram masing-masing bahan makanan bebek itu berkisar Rp 300 hingga Rp 800.

Sasnui menceritakan, telur yang dihasilkan peternakannya setiap hari diambil pengumpul. Per butir dihargai Rp 550-Rp 600. "Umumnya memang kemudian diolah lagi jadi telur asin," jelas Sasnui.

Taswan mengatakan, bebek yang berumur enam bulan hingga satu tahun adalah bebek dengan produksi paling tinggi. Kalau sudah lebih dari satu tahun, bebek itu biasanya dijual sebagai bebek potong.

Usaha ternak bebek, tambah Taswan, tidak sulit karena jenis penyakit yang sering menyerang bebek tidak sebanyak penyakit ayam. "Paling cuma sakit kelumpuhan. Ini sering terjadi pada musim kemarau, terutama ketika bebek habis minum air kotor. Diberi dua pil serta puasa tidak makan sehari saja, biasanya langsung sembuh," ujar Taswan.

and/kcm



Silakan mengutip dan atau mengkopi artikel ini dengan menyebut sumbernya: www.poultryindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar